Precious Tag II

14077_1362683371_892740

Precious Tag part II – anggap saja ini adalah lanjutan dari postingan Precious Tag yang sebelumnya 😀

2012年 06月 21日. Kaiwa no Dorama. Ande-ande Lumut. Ruang Kuliah 4.

OH MY GOD! Kata yang tepat untukmengungkapkan segala kejadian hari kemarin. OMG untuk kehebatan para teman seangkatan yang perform dengan sangat all out! OMG untuk aku yang lupa line dipanggung dan bener-bener cacat XD

Sepanjang kemarin sore sampai malam tadi, kami, Sastra Jepang Angkatan 2012 melaksanakan penilaian mata kuliah Kaiwa (speaking). Dorama ini udah dipersiapkan sejak sebulan terahir sebenarnya, atau lebih mungkin. Tapi karena saking banyaknya tugas dan penyakit ‘males’ yang hampir seluruhnya menghinggapi kami semua (atau mungkin cuma aku :D) akhirnya seluruh persiapan dorama ini rasanya sangat mendesak. Jadilah kelompokku hanya latihan tiga hari, dan lagi-lagi OMG! XD

Kemarin, acara dimulai pukul 3pm dan berakhir sekitar pukul 8.30pm. Yang membuatku sangat sedih adalah karena kelompokku maju yang terakhir, jadilah kami semua sudah lelah dan berasa kepingin cepet-cepet pulang. Tetap big appreciate buat kelompokku, dengan segala kekurangan dimana-mana akhirnya terlaksana dengan lancar walau agak sedikit cacat (aku yang buat kecacatan itu XD) tapi itu hasil memuaskan untuk kami semua, tiga hari latihan, astagaaaaa.

Kami mengangkat cerita Ande-ande Lumut yang sebenarnya aku nggak ngerti kayak gimana jalan ceritanya. Tapi saat buat naskah bahasa Indonesia saat itu, aku baru tau jalan cerita dari Ande-ande Lumut seperti apa. Jangan tanya jalan cerita yang lainnya, aku nggak tau sama sekali, atau aku lupa, oh entahlah.

Karena waktu pementasan menerobos jam maghrib jadi saat itu kita break, saat menyisakan dua kelompok terakhir, kelompokku salah satunya. Jam 6.45pm kita memulai kembali, dan muncul sudah itu demam panggung yang nangkring dibenakku. Astagaaaaahh, kalo dipikir-pikir, It was my first drama performance kayaknya deh, aku nggak pernah main drama sebelumnya, atau aku lupa mungkin.

Pertama dan pake nihon go, ah demi langit dan bumi, itu sesuatu sekali XD.

Aku, jadi Yuyu Kangkang 😀 kira-kira seperti inilah penampilanku saat menjadi Yuyu Kangkang buahahaha

Image

Itu sebenernya agak cacat juga make up nya. Ya iyalah secara udah luntur duluan sambil nungguin kelima kelompok  lainnya tampil >,<

Ada cerita konyol dibalik make up itu. Jadi ceritanya aku kan nggak bisa dandan, jadi aku minta tolong temenku buat bikinin make up nya. Pas udah selese, temenku ribut semua karena katanya aku bagus matanya ada barang item-item begitu. Aku pun tersipu malu dan setelahnya salah seorang temenku lagi nyeletuk,

“Mel, koe mbok dadi Yuyu Kangkang, masa dandanane kaya kue? Mbok dadi lanang?”.

[TRANS: Mel, Kamu kan Yuyu Kangkang, masa dandanannya begitu? Jadi cowok kan?]

Jadilah aku baru inget kalo aku harusnya dandan jadi cowok dan langsung nyelingak temen yang dandanin aku. Seketika aku disembur sama dia,

“Lah koe dandan dadi lanang? Lengob temen malah dandane kaya kue, ngeneh tak beneri! Kaya kie ya ora mantes, malah dandan wadon, jan kepriwe si mel, mel.”

[TRANS: Lah kamu dandan jadi cowok? Bodoh banget sih malahan dandan begitu, sini aku benerin! Kayak gini ya nggak pantes, malah dandan cewek, duhhh gimana sih mel, mel.]

Kemudian aku diseret mukanya sama dia dan pipiku dicoret-coret nggak jelas pake pensil alis, dibikin berewok dan dibikin kumis, buakakaka aku lupa kalo aku jadi Yuyu Kangkang XD

Apa yang terjadi setelah itu?

Semuanya kaget dan nggak ngenalin aku karena aku … uhuk..mungkin ganteng banget buahahaha XD

Sampe senseinya pun terpaku dengan dandananku, mungkin saking gantengnya aku kkkk

.

Semua dorama keren banget hohoho

Dimulai dari dorama pertama, yaitu Cindelaras. Katanya, Cindelaras masih sodaraan sama Ande-ande Lumut, jadi ya mereka sodara kelompokku dong kekeke. Ceritanya keren, kerajaan banget, tapi karena aku nggak ngerti jalan cerita dan apa yang mereka bicarakan jadi aku cuma tertegun menonton mereka dari ekspresi yang diungkapkan.

Dorama kedua ada Baturraden, cerita rakyat asli dari Banyumas. Keren banget ini kelompok, aku aja yang asli Banyumasan nggak ngerti cerita Baturraden seperti apa, tapi mereka yang kebanyakan datang dari barat malah mengangkatnya jadi tema dorama muahaha (y)

Dorama ketiga ada Anoman, kocak banget yang jadi Anomannya XD Rama sama Shintanya lebih-lebih koplak mhihihi. Kelompok ini yang aku taksirin adalah kostum sama properti yang digunakan, bener-bener pake properti kejawen (kejawaan), yang biasanya buat pengantin itu hahaha

Dorama keempat ada Malin Kundang, doramanya cukup modern soalnya bukan berasal dari Jawa, kalo cerita rakyat Jawa ya pasti settingnya kerajaan dan jaman dulu 😀 peran disini lebih banyak transgendernya, ada tiga hahaha

Dorama kelima ada Lutung Kasarung, sama juga kayak anoman, kocak yang meraninnya. Dan lagi-lagi aku nggak ngerti jalan ceritanya seperti apa, ya jadi aku cuma nontonin mereka dengan sedih wekekek nggak kok, penokohan mereka bikin ngakak XD

Akhirnya sampailah didorama keenam, dorama kelompokku, Ande-ande Lumut, transgendernya cuma satu yaitu aku. Dengan seorang Raja Erlangga, Panji/Ande-ande Lumur, Sekartaji/Klenting Kuning, Mbok Rondo, Mbok Menah, Klenting Abang, Klenting Ijo, Klenting Biru dan Yuyu Kangkang 😀

Sebenernya dorama kita cukup berantakan dan masih jauh dari sempurna, tapi ya itu usaha kita sendiri, mau digimanain aja itu tetap kebanggan kita muahaha. Yang bener-bener bikin terharu setelah dorama selesai adalah saat teman-teman bilang bahwa aku lebih ‘laki’ dari yang berperan jadi Ande. Ya memang sih, yang jadi Ande itu agak sedikit flower boy, dia cantik soalnya :D. thank you guys ^^ kecacatan peranku tertutupi dengan watashi no ooki koe dan kegantenganku kekeke

Performance cacat yang jadi penutup, semoga nggak buruk-buruk amat dan semoga nilai mata kuliah kaiwa seperti yang diharapkan ahahaha. Kami semua menikmati peran dan telah menghabiskan waktu yang sangat berharga bersama-sama. That’s so romantic >,<

Setelah semuanya berakhir, kami jadi bahan rebutan untuk foto-foto sama senseitachi hahaha, semuanya pun berfoto ria bersama :3

Image

Aku senang bertemu dan dipertemukan dengan kalian, sekali lagi, aku bersyukur telah diterima di sini dan berjuang dengan mereka semua saat ini. Terima kasih UGM dan UNDIP yang telah mendepakku kemarin, sumpah terima kasih!!!! 😀

Syukuri apa yang ada~~~~ I love my way, I love my life.

Sekarang tinggal ribet ngerjain tugas dan siap-siap UAS senin depan. Semangat mel! Ganbare! 🙂

Another Precious Time with new family, Family of Japanese Literature 😀

bboing~

Leave a Reply

